Menaikkan Berat Badan Ibu dan Bayi

menaikkan berat badanPertambahan berat badan yang dianjurkan bagi kehamilan yang normal adalah sekitar 10-15 kg (20-30 pon). Bila berat badan Anda kurang dari normal, maka dokter biasanya akan menganjurkan Anda untuk menaikkan berat badan. Berat badan yang kurang atau jauh melebihi normal akan mengancam perkembangan bayi dan mempersulit kehamilan serta proses persalinan nantinya.

Saat bayi baru lahir, berat badannya kurang dari 4 kg ( 9 pon). Penambahan berat badan ibu selama kehamilan selain dikarenakan oleh berat bayi juga berasal dari plasenta, cairan amnion, peningkatan volume darah, serta pembesaran rahim dan payudara.

Kecepatan penambahan berat badan sama pentingnya dengan berapa banyak berat yang bertambah. Idealnya berat badan bertambah terus secara berangsur-angsur selama hamil. Tambahan lebih dari 2,9 kg dalam sebulan adalah banyak, kurang dari 0,22 kg dalam satu bulan sesudah trisemeter pertama adalah terlalu sedikit. Rumusan ini mudah untuk diikuti.

Anda mungkin akan bertambah berat 0,9 sampai 1,8 kg pada akhir minggu ke -12, tergantung pada seberapa berat mual-mual yang Anda alami. Sesudah itu, penambahan berat badan yang biasa adalah 0,45 kg per minggu untuk 28 minggu terakhir. Meskipun Anda gemuk, masih akan terjadi penambahan 6,75 sampai 11,25 kg. Wanita gemuk yang penambahannya kurang dari 6,75 kg menghadapi angka kematian bayi dua kali lebih besar daripada wanita gemuk yang tambahan berat badannya memadai. Konsultasikan ke dokter untuk mendapat anjuran-anjuran yang lebih spesifik berdasarkan berat badan Anda masing-masing.

Untuk menaikkan berat badan Anda saat hamil dan berat badan bayi dalam janin, Anda dapat melakukan beberapa cara menaikkan berat badan dengan cara :

1. Satu faktor yang sangat penting bagi bayi Anda dalam hal makanan adalah masukan kalori yang memadai dari Anda. Anda perlu makanan tambahan dalam bentuk kalori, protein, karbohdirat, lemak, vitamin dan mineral yang Anda dapatkan dari diet seimbang.

Anda perlu 300 kalori lebih banyak setiap harinya pada saat hamil dan menyusui. Ini menggambarkan 17-18 kalori per kg, berat badan normal atau ideal anda. Untuk kebanyakan wanita, jumlahnya adalah 2200-2400 kalori. Sekali lagi, konsultasikan ke dokter jika Anda punya pertanyaan atau keperluan-keperluan khusus.

2. Protein

Protein adalah pembangun jaringan yang penting bagi ibu dan bayi, tetapi Anda tidak memerlukan sebanyak yang Anda duga. Kebanyakan diet Amerika mengundang protein lebih dari cukup. Sekalipun tubuh Anda dapat menggunakan protein sebagai sumber energi, fungsi utamanya adalah membangun jaringan dan sel-sel. Protein bukan sumber energi yang paling efisien bagi tubuh anda.

3. Karbohidrat

Karbohdirat lebih tepat disebut “pengganti protein”. Zat ini menjadi bahan bakar tubuh anda sehingga protein dapat digunakan untuk membangun jaringan daripada menjadi sumber energi. Selain lemak, karbohidrat merupakan komponen dalam diet kita yang paling banyak disalahpahami dan dicurigai. Karbohidrat perlu kita ketahui fungsinya agar bisa digunakan secara efisien.


>>> Cara Alami Untuk Menambah Berat Badan Dan Menaikkan Berat Badan Menjadi Berat Badan Ideal, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Menaikkan Berat Badan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>